Telkom Jawa Tengah Pasang WiFi di 100 Ribu Titik

Telkom Jawa Tengah Pasang WiFi di 100 Ribu Titik - Berita IT | TEMPO.CO, Surakarta--Telkom Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta akan meningkatkan penetrasi penggunaan internet di masyarakat. Deputi General Manager Telkom Jateng-DIY Riyanto Utomo mengatakan saat ini baru 9,1 persen masyarakat Indonesia yang sudah mengakses internet. "Bahkan kita kalah dengan Vietnam yang 27 persen penduduknya sudah melek internet," ujarnya kepada wartawan ketika ditemui di Surakarta.

Agar semakin banyak masyarakat yang mengakses internet, Telkom Jateng-DIY sejak pertengahan tahun ini sudah memasang WiFi di beberapa titik. Targetnya pada 2013 ada 100 ribu titik yang terpasang. Perangkat WiFi dipasang di tempat pertemuan orang, tempat keramaian, dan ruang publik.


Bagi pelanggan Speedy, bisa mengaksesnya secara gratis dengan berbekal nomor pelanggan Speedy, nomor telepon rumah, dan memasukkan kata kunci atau password. "Jadilah Speedy bergerak. Meskipun sedang di luar rumah, pelanggan Speedy tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi," katanya.

Di sisi lain, jumlah pelanggan Speedy terus digenjot. Dengan program peningkatan kemampuan telepon rumah agar bisa mengakses internet, dia berharap semakin banyak rumah yang masuk kategori rumah internet.

"Pemasangan internet itu gratis. Kami juga berikan modem gratis ke pelanggan telepon rumah," ujarnya. Saat ini dari sekitar satu juta pelanggan telepon rumah di Jateng-DIY, 30 ribu pelanggan sudah tersambung dengan internet. "Target kami paling tidak 500 ribu pelanggan yang terpasang Speedy," ujarnya.
Manajer Telkom Area Solo Raharjo mengatakan untuk Solo akan memasang fasilitas WiFi di 700 titik. "Kami utamakan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi," katanya dalam kesempatan yang sama. Karena membutuhkan energi listrik, maka pemasangan dilakukan di sekitar halte bus.

Bagi pelanggan Speedy, dapat mengakses dengan kecepatan 2 Mbps. Sementara masyarakat umum non pelanggan Speedy, tetap dapat menikmati layanan WiFi tersebut. "Tentu kecepatannya berbeda karena gratis. Sedangkan pelanggan Speedy sudah berlangganan di rumah masing-masing," ujarnya.
Untuk program pemasangan internet di telepon rumah pelanggan, saat ini dari 30 ribu pelanggan baru 2 ribu yang sudah terpasang Speedy. Dia optimistis tahun depan seluruh pelanggan telepon rumah sudah terkoneksi dengan internet.

Riyanto mengatakan penguasaan internet berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi. Mengutip analisis Bank Dunia, dia mengatakan pemakaian internet menyumbang 1,3 persen pertumbuhan ekonomi. "Internet meningkatkan daya saing bangsa dan membuka peluang pemasaran ke pasar global," katanya.


Telkom Jawa Tengah Pasang WiFi di 100 Ribu Titik | Rating: 4.5
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Free Bitcoin

Bits2u