Penemu Sistem 4G Berbasis OFDM Orang Indonesia



Prof. Dr. Khoirul Anwar merupakan seorang ilmuwan top di Jepang yang berasal dari Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, Jawa timur dimana telah memegang dua hak paten penting di bidang telekomunikasi. Khoirul adalah lulusan Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cum laude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute Science and Technology ( NAIST ) pada tahun 2005 dan 2008. Ia juga menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symphosiun ( RWS ) 2006 California, USA . Prof. Dr. Khoirul Anwar adalah pemilik hak paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM ( Orthogonal Frequency Division Multiplexing ) yang mana aslinya orang Indonesia dan sekarang bekerja di NAIST, Jepang . Dia mengurangi daya transmisi pada OFDM yang mana hasilnya kecepatannya bukan menurun pada umumnya melainkan bertambah cepat dengan mampu menurunkan power sampai 5dB = 100 ribu kali lebih kecil dari sebeumnya. Khoirul juga mendapatkan penghargaan bidang Kontribusi Keilmuan Luar Negeri dari Konsulat RI, Osaka 2007.
Pada hak paten Kedua khoirul lagi lagi menawarkan sesuatu yang tidak lazim. Untuk mencapai Kecepatan yang tinggi dia benar benar menghilangkan GI ( Guard Interval ). Teman teman penelitinya juga sempat mengatakan itu mustahil dilakukan tanpa interval atau jarak, frekuensi akan bertabrakan. Istilahnya terjadi interferensi yang luar biasa, namun pada saat itu khoirul dengan Algoritma yang dikembangkannya di laboratorium mampu menghilangkan interferensi itu dan mencapai performa yang sama.
Itulah yang mengantar alumnus ITB ini menjadi Asisten Professor di NAIST, Jepang. Dia mengajar mata kuliah dasar Engineering, melakukan penelitian, dan membimbing mahasiswa. Selama tinggal di Jepang, pria kelahiran kediri 22 Agustus 1978 ini menyatu dengan atmosfir penelitian. Menurutnya di Jepang dia benar benar merasakan levelnya sama dengan Amerika dan Eropa dikarenakan fasilitasnya semua lengkap. Meski berprestasi di Jepang dia tidak lupa akan kembali ke Indonesia pada saat di sudah terkenal, namun hal tersebut tidak dapat diprediksikan kapan terjadi. Kini sambil menunggu harapannya itu terwujud Khoirul akan terus berkarya di laboratorium. Khoirul pun kini tinggal dengan istrinya Sri Yayu Indriyani dan tiga buah hatinya di Daigaku Shukusha B- 31, Asahidai 1-50 , Nomi , Ishikawa , Jepang.
Sayang sekali ya ternyata orang orang hebat banyak yang berasal dari Indonesia namun bekerja untuk negara orang lain. Padahal kalau dibilang Indonesia juga bisa bersaing dengan Eropa dan Amerika jika memelihara dan membiayai orang orang berprestasi seperti Abang Khoirul ini.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain