Opini Demonstrasi di Indonesia

Hallo para Panik'ers sekalian, disini mungkin saya cuman ingin mengutarakan sedikit pendapat serta pemahaman saya tentang demonstrasi khususnya demonstrasi yang terjadi di Indonesia. Mungkin para pembaca sekalian sudah mengetahui apa itu demonstrasi itu ?. Ya, demonstrasi merupakan suatu bentuk protes atau penolakan terhadap suatu kebijakan ataupun penentangan suatu kekuasaan. Biasanya unjuk rasa / demonstrasi dilakukan dengan bersama sama turun kejalan serta membawa spanduk, kertas dll dalam rangka penolakan suatu kebijakan, adapun juga unjuk rasa yang sifatnya protes terhadap kebijakan, kekuasaan dilakukan dengan aksi jahit mulut, membakar ban, aksi teatrikal dll.


Mungkin bagi beberapa orang unjuk rasa/demonstrasi ini sangat ampuh agar suatu kebijakan tersebut itu tidak terlaksana namun ada hal yang mesti kita perhatikan seperti dalam demonstrasi jangan sampai terjadi kericuhan atau bentrok dengan polisi, merusak fasilitas umum, mengganggu orang lain yang tidak terlibat dll. Masih mendingan jika demonstrasi itu dilakukan dengan damai, tentram, aspirasi dikemukakan semua, terjadinya komunikasi yang baik antara si pendemo dan yang di demo. Coba bayangkan sudah berapa kali demonstrasi itu berlangsung sejak Orde Baru mulai digulirkan di Indonesia ? Kemudian coba bayangkan ada berapa orang yang meninggal akibat demonstrasi ? Lalu bayangkan pula berapa jumlah kerugian negara akibat perusakan fasilitas umum dll ? Selanjutnya bagaimana hasil dari unjuk rasa tersebut, ada berapa yang benar benar di wujudkan setelah ada aksi unjuk rasa tersebut ? . Bisa kita bayangkan bersama bagaimana semua itu telah terlewatkan begitu saja. Okelah mungkin hasil dari beberapa demo itu telah banyak kebijakan berubah dll. Mari kita menenangkan diri dan berfikir sejenak mengenai demo ini, mengapa kita tidak melakukan demo dengan cara yang berbeda namun semua aspirasi aspirasi kita tetap tersampaikan serta kebijakan yang kita tolak itu beranti menjadi pro rakyat dan demi kepentingan rakyat. Contohnya apakah dengan melakukan kegiatan amal yang membutuhkan dukungan berjuta juta orang dalam kegiatan ini dan isinya tetap seperti orasi orasi kita ? . Jika kita semua bisa berfikir jernih dengan kepala dingin mungkin korban jiwa akibat aksi demo yang ricuh seperti di bima dll tidak ada yang berjatuhan apalagi kerusakan fasilitas dll. Intinya marilah kita bersama sama membangun Indonesia dengan lebih bijaksana, dan tentunya untuk mewujudkan itu tidak lepas peran rakyat dan pemerintah. Tanpa kerjasama rakyat dan pemerintah yang berjalan seimbang maka saya rasa sulit Indonesia bisa sejahtera. Kita juga tidak bisa menyalahkan pemerintah terus terusan dengan kebijakan yang dibuatnya, namun namanya juga dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Jadinya pemerintah juga harus mengetahui bagaimana keinginan rakyat, seperti dengan sering mengadakan peninjauan atau survey serta berdialog dengan masyarakat dan bukan hanya pada saat demo berlangsung kalo bisa secara berkala.

Demikian postingan ini saya buat, mudah mudahan di 2012 ini kita bisa menjadi Indonesian yang lebih baik . Sekali lai postingan ini bukan sifatnya menghina, sara dll hanya sekadar pendapat semata. Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar dan like nya yah kalo berkenan di follow juga thanks.
Share this article :

2 komentar:

  1. Demonstrasi itu adalah jalan terakhir. Memang seharusnya dibicarakan langsung secara baik-baik dengan yang bersangkutan, akan tetapi selama ini suara-suara yang disampaikan dengan baik-baik itu tak didengarkan oleh mereka. Jadi wajar kalo warga sudah jengah dengan keadaan. Jalan satu-satunya ya demo.. .

    BalasHapus
  2. Belum kok kanda, sebenarnya jalan itu masih banyak tapi pikiran kita yang terlalu ttertutup untuk mencari jalan itu dan sering pula ada provokator sehingga kita seperti terpancing . Sebenarnya saya juga pro sama demo kok, namun bukan dengan ricuh, merusak, membunuh dll . Itu kan tidak menghasilkan apa apa ? gimana . Nice komenG kanda :d

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger