CAPTCHA ( Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Human Apart )


Blogpanik.blogspot.com - Selamat sore sobat blogger serta pembaca sekalian, jumpa lagi kita di postingan terbaru kami hari ini mengenai ulasan CAPTCHA. Hmm, berlandaskan adanya sobat blogger yang bertanya tanya mengenai captcha ini maka kami berniat untuk membuatnya sebagai postingan.

Captcha adalah akronim dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart, yaitu sebuah test/ujian yang “ fully automated ” untuk membedakan manusia dan komputer. Captcha dibuat untuk melindungi website terhadap bot sedemikian rupa sehingga teknologi komputer saat ini belum bisa mengerjakan dengan benar, namun bisa dengan mudah di selesaikan manusia.

Captcha ini dibuat oleh komputer secara otomatis, sehingga komputer sendiri tidak dapat mengenalinya Umumnya captha berbentuk gambar yang di dalamnya terdapat kode. Kode ini bisa dengan mudah dibaca manusia, namun komputer akan kesulitan membaca kode dalam gambar itu. Dengan cara ini, hanya manusia yang bisa melanjutkan prosesnya, sedangkan komputer/robot /spam akan gagal.

Bagi komputer, sebuah gambar hanyalah kumpulan kode-kode warna dari setiap pixelnya. Dibutuhkan proses yang cukup rumit untuk bisa mengenali objek pada gambar, apalagi untuk memahami arti sebuah gambar. Sedangkan bagi manusia hanya dalam hitungan seper sekian detik kode dalam gambar sudah terbaca.



Bagaimana Seharusnya Captcha ?

Captcha adalah soal yang dibuat oleh mesin dan dirancang hanya bisa dijawab dengan sempurna oleh manusia, bukan oleh mesin. Jadi sesuai definisi tersebut, captcha memiliki kriteria :

Tidak bisa dijawab mesin dengan sempurna
Mudah dijawab manusia

Captcha harus dirancang sedemikian hingga memenuhi kriteria di atas. Jadi kalau sampai ada captcha yang mempermudah mesin dan mempersulit manusia itu sebenarnya bukan captcha. Seperti apa bentuk captcha yang baik? Sebelumnya mari kita lihat dulu berbagai bentuk penyimpanan informasi.

Informasi dalam komputer bisa direpresentasikan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang paling sederhana sampai paling kompleks seperti text, image, suara, dan video.

Text adalah bentuk penyimpanan informasi paling primitif dan sederhana. Informasi yang diambil dari text tidak memerlukan pemrosesan apa-apa, sehingga bisa langsung diambil mesin. Mesin tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan informasi dalam bentu text.

Bentuk yang lebih rumit lagi adalah image dan suara. Image dan suara dalam komputer disimpan dalam bentuk kumpulan warna pixel atau frekuensi suara kamudian diencode dalam format tertentu. Image dan suara mengandung informasi yang tersirat, implisit. Informasi dalam image dan suara harus diproses dengan perhitungan dan komputasi yang kompleks untuk bisa menangkap informasi yang ada di dalamnya.

Bentuk yang paling kompleks lagi adalah video. Video adalah kumpulan image dan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menampilkan animasi. Walaupun memilii tingkat kompleksitas tertinggi, jarang ada captcha dalam bentuk video karena pertimbangan besarnya ukuran file video dibandingkan file gambar atau suara.

Jadi bentuk captcha yang paling umum adalah berupa image. Informasi dalam image tidak mudah dibaca mesin, namun dari segi ukuran juga tidak terlalu besar. Namun tidak semua captcha berupa image adalah captcha yang baik, karena bila kode dalam captcha terlalu bersih, mesin bisa membaca dengan sempurna.

Demikianlah postingan kami mengenai CAPTCHA, mudah - mudahan dengan ini kita sudah bisa mengetahui apa itu captcha sebenarnya, happy blogging :)

Sumber
Share this article :

4 komentar:

  1. tapi kadang ada captcha yang susah banget dibaca, apa itu berarti saya gagal jadi manusia ya? hehehe

    BalasHapus
  2. sob,,,ane cuman kasih tau aja ...
    bahwa blog ini bisa dikatakan lelet, coba cek berat blog ini berapa di blog ane..ada dibagian menu blog

    oya, komentarnya terbaca spam

    BalasHapus
  3. captcha juga mempersulit bahkan buat malas kalau mau nitip koment saat ane BW

    BalasHapus
  4. Rizall : wahh ngga jugalah sob, jangan pesimis :44 hihi

    Sandhy : wah, makasih banyak sobb peringatannya . Ane juga ngerasa klo blog ane sekarang makin keberatan wkwkw :12 . Maksudnya komentarnya terbaca spam gmna tuh gan ?

    Wahid : iyaa gan betull, apalagi komentarnya ntar butuh persetujuan

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain