Mengenal Apa itu Android



Blogpanik.blogspot.com - Selamat sore sahabat blogger sekalian, mohon maaf apabila baru sore ini saya dapat mengupdate postingan. Belakangan ini tugas semakin kian menyita waktu saya dalam blogging hehe, namun syukurlah kini beberapa tugas sudah diselesaikan. Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sedikit mengenai Android. Saya tau mungkin diantara kita sudah sering mendegar kata Android namun masih ada yang belum tau mengenai apa itu Android.
Android saat ini merupakan sistem operasi mobile terbesar di dunia. Di beberapa negara Android bahkan telah menggeser posisi Symbian, sistem operasi populer yang banyak dipergunakan oleh smartphone Nokia. Lalu, apa itu Android? Gadgetan kali ini akan sedikit mengulas mengenai apa itu Andriod. Android sebenarnya pertama kali dibuat oleh Android Inc., sebelum akhirnya dibeli oleh Google.

Android adalah open source, yang berarti bahwa produsen tidak perlu membayar Google untuk menggunakannya, dan bahwa mereka bebas untuk memodifikasinya. Ini berarti bahwa hal itu digunakan dalam berbagai macam jenis perangkat keras yang bervariasi dalam harga dari ponsel anggaran kecil sampai besar layar handset high-end. Nah, karena open source (kode programnya dibuka untuk umum) pengembangan sistem operasi Android pun bisa dikatakan sangat cepat, karena siapa saja bisa mengembangkannya di bawah bendera Open Handset Alliance, terlepas dari kontroversi pada sisi keamanan. Saat ini Android banyak dipergunakan oleh smartphone layar sentuh dan juga tablet PC.

Generasi Smartphone/tablet PC Android

Pada September 2007 lalu, Google dan HTC memperkenalkan Google Nexus One, disusul oleh beberapa smartphone lain seperti dari Sony Ericsson, Toshiba, Samsung dan LG, serta banyak vendor smartphone/tablet PC lain seperti dari China yang mengadopsi Android dan kemudian mengeluarkan produknya bersama Android.



Versi-versi Android

Sepanjang 2009, keluar versi Android 1.1, Android versi 1.5 (Cupcake), Android versi 1.6 (Donut), Android versi 2.0/2.1 (Eclair), dan pada tahun 2010 dimulailah kejayaan Android bersama dengan sistem operasi Android 2.2 (Froyo) yang juga banyak digunakan untuk tablet PC. Setelah Froyo, sistem operasi Android berlanjut ke versi 2.3 (Gingerbread) untuk smartphone dan Android versi 3.0 (Honeycomb) yang dirancang khusus untuk tablet PC. Pada saat penulisan, smartphone pada umumnya menjalankan varian dari versi 2 dari Android, sementara tablet baru yang paling menjalankan varian dari versi 3. Perbedaan antara versi 2.x dan 3.x Android terutama dalam cara mereka menggunakan ruang layar yang tersedia.

Keunggulan Android

Open Source, tampilan tatap muka yang praktis, pengembangan berkelanjutan, di bawah tanggung jawab Google Inc. sehingga mendapatkan dukungan penuh atas akses layanan Google seperti Google Maps plus GPS, Gmail, YouTube, Google +, Google Translate, dan masih banyak lagi. Android juga mempunyai akses ke ratusan ribu aplikasi/game yang tersedia di Android Market. Menariknya, sebagian besar aplikasi/game di Android Market tersebut lebih banyak gratis, atau paling tidak ada beberapa iklan saja dalam aplikasi/game tersebut.

Google secara rutin merilis update untuk Android, yang di-download langsung ke ponsel atau tablet tanpa harus terhubung ke komputer.Pembaruan ini sering membawa peningkatan kecepatan dan baterai, serta fitur baru lainnya. Namun, tidak semua perangkat mendapatkan update tersebut pada saat yang sama, dan banyak yang tidak akan menerima mereka sama sekali.

Demikianlah sedikit pengenalan mengenai Android. Postingan kali ini hanya bermaksud menjelasakan yang belum jelas saja hehe. Silahkan mengisi form komentar jika Anda memiliki pertanyaan seputar blog ini, saran serta kritikannya. Thanks :)

Sumber
Share this article :

11 komentar:

  1. Sore sob.. ane sih belum tau persis android..nice info nih..jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  2. semakin mengenal android nih sobat, terima kasih untuk infonya sobat...

    BalasHapus
  3. Wah jadi pengen android ni gan, hehe. Nunggu kocek penuh dulu aahh..
    Sukses selalu ya, jangan lupa komen balik....

    Salam
    http://nurrohmattriatmojo.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. hihi, siip gan . Wah klo ane mah nanti aja belinya dah soalnya pasti bakalan keluar lagii yg lebih canggih wkwkw

    BalasHapus
  5. sip bang androidnya...saya juga senang nih sama android... free ang GNU punya...hahayyy

    BalasHapus
  6. Wah.. anderoit boss..
    ane pake hp jadul. :D

    oh iya sob.. dah ane pasang tuh linknya.
    suwon yo..?

    BalasHapus
  7. mantap sob infonya... jadi tau android deh... :38

    BalasHapus
  8. @Admin Jejak Puisi: Sipp sob , semoag bermanfaat selalu yah :44

    BalasHapus
  9. http://lh5.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1FYWI2LNOI/AAAAAAAABz0/OvIM69lsJWo/kaskuser_t4belajarblogger_35.gif

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain