Mengisi Baterai Bisa Lewat Wireless


Blogpanikpanik.blogspot.com - Selamat sore semuanya, semoga sahabat blogger dan semuanya dalam keadaan sehat selalu. Kembali lagi kita di postingan kami sore ini. Nah, kali ini masih mengenai kemajuan dibidang teknologi dimasa kini. Kemajuan teknologi memang semakin memudahkan manusia, kali ini mengenai pengisian daya baterai berbagai perangkat secara wireless alias tanpa kabel.

Dengan teknologi dan perangkat yang dikembangkan WiTricity Corp, Anda bisa mengisi daya baterai (re-charging) ponsel, games controller, laptop, bahkan kendaraan listrik hanya dengan koneksi wireless yang tidak membutuhkan kabel.

"WiTricity Corp bekerja untuk membuat masa depan ini satu kenyataan, mengembangkan teknologi kelistrikan wireless yang akan beroperasi aman dan efektif dalam jarak jangkauan dari centimeter hingga beberapa meter--dan akan mengirimkan listrik dari miliwatts hingga kilowatts," tulis WiTricity dalam penjelasannya di website. Dan menurut WiTricity perangkat ini aman bagi binatang piaraan maupun manusia, tingkat efisiensinya pun tinggi. Komponen berbentuk kotak hitam menyerupai bingkai foto itu bisa menyalurkan listrik tanpa kabel ke perangkat-perangkat di rumah, meski di dalam ruang berbeda, dengan jarak tertentu sesuai daya jangkau alat itu. WiTricity mengatakan perangkatnya itu sudah akan tersedia di pasar akhir tahun ini dan dalam dua tahun mendatang, teknologi serupa, dapat digunakan untuk mengisi daya baterai mobil listik. Akan menyusul untuk pemompa (kejut) jantung dan implan medis lainnya. WiTricity hampir lima tahun menggunakan teknologi yang dikembangkan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang memperluas jangkauan nirkabel pengisian induktif.

Teknologi serupa sebenarnya bukanlah hal baru. Nikola Tesla sudah mengenalkannya seratus tahun lalu, dan pengisi daya induktif untuk sikat gigi dan pengendali video games yang sekarang beredar luas. Tetapi, pengisi daya induktif yang sudah ada di pasaran saat ini bekerja hanya dalam jarak yang sangat pendek dan memerlukan kontak fisik antara pengisi daya dengan perangkat elektronik, tidak jauh lebih nyaman dibanding mencolokkan kabel penghubung, tulis Technology Review.

WiTricity bersama IHI Corporation dan Mitsubishi Motor Corporation sepakat membentuk tim bersama untuk meneliti dan mengembangkan pengisian daya induktif untuk kendaraan listrik. Tujuan kolaborasi itu untuk membuat kendaraan listrik lebih nyaman bagi pemiliknya, dengan mempercepat mempopulerkan dan menjamin ketersediaan pengisian nirkabel di rumah-rumah maupun di tempat-tempat parkir pusat pembelanjaan. Sistem pengisian nirkabel memungkinkan tranfer energi dari sumber yang ditempatkan pada atau di bawah tanah untuk kendaraan yang dilengkapi perangkat penangkap energi. Pengisian secara otomatis ketika kendaraan diparkir, tanpa kontak fisik antara kendaraan dan sumber pengisian. Namun, kemampuan jarak jangkau yang dibutuhkan untuk pengisian lebih efisien masih terus dikembangkan.

Demikianlah postingan kami hari ini, semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan sahabat sekalian. Happy blogging :)



Sumber
Share this article :

6 komentar:

  1. wah bisa menimbulkan radiasi ga ya gan?
    kita ikut kesetrum ga ya, wlo cuma miliwat yang di kirim :21
    hehe, maksih ya gan. jadi tambah wawasan ni.

    BalasHapus
  2. mungkin saja bisa mengganggu pengisian gan, ada juga yg ditemukan anak itb yg pen charge hp tanpa kabel hehe. nah klo disitu gel. elektromagnetiknya di berikan warna agar bisa terlihat :44
    sama sama gan

    BalasHapus
  3. emang banyak jalan menuju roma....

    mengisi baterai pun bisa tanpa kabel yahhh...

    semakin unik aja nih infonya

    BalasHapus
  4. wah ajib nich gan........thank dah share

    BalasHapus
  5. ternyata bisa yach mengisi baterai lewat wireless???

    akan dicoba sobat.. maksih untuk infonya sobat...

    BalasHapus
  6. Earth : bener bangett sobb hehe . ini bahkan sebelumnya udah di temukan oleh mahasiswa itb gan :44

    Sandhy : sipp gannnn

    KAng Astho : hihi, iyaa kang :44

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain