Tips & Trik Membuat Password Tersulit


Blogpanik.blogspot.com - Selamat sore menjelang malam sobat blogger, sukses selalu yah buat para pembaca setia. Kembali lagi pada hari ini kami ingin membahas sedikit trik ataupun saran serta trik membuat password yang aman.

Dimana mengakses internet sama dengan memasuki sebuah dunia penuh dengan kata kunci atau password. Anda akan selalu memerlukannya apapun yang Anda lakukan mulai dari mengakses situs sosial, berforum, blogging, hingga mengecek email dan rekening bank. Oleh karena itu diperlukan password yang kuat agar tak mudah dibobol. Berikut adalah beberapa saran, usulan serta tips yang bisa digunakan dalam membuat password.

1. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki. Alih-alih untuk membuatnya agar mudah dihafal, password yang sama justru membuat akun-akun Anda rentan pembobolan. Penelitian yang dilakukan oleh BitDefender menyatakan bahwa 75% pengguna internet mempunyai password Facebook dan email yang sama. Jika hal ini juga terjadi pada akun PayPal, Amazon, atau eBay, tentunya akibatnya akan sangat fatal.

2. Ingatlah bahwa password sama seperti celana dalam. Anda harus menggantinya sesering mungkin, jangan biarkan orang lain menggunakannya, dan sembunyikan agar orang lain tak bisa melihatnya.

3. Hindari password yang terlalu biasa. Beberapa orang memutuskan untuk membuat password yang simpel seperti tanggal lahir, angka yang berurutan, atau sekedar ‘qwerty’, karena mereka merasa bahwa mereka bukan seseorang penting yang memiliki informasi berharga untuk orang lain. Percayalah bahwa suatu saat nanti, Anda akan menyesal jika sampai hacker mengusili akun-akun Anda. Informasi yang ada memang tak penting bagi orang lain, namun pastinya akan sangat penting bagi diri Anda sendiri. Maka dari itu, buatlah password serahasia mungkin.

Semakin panjang kata kunci yang digunakan, semakin sulit bagi para hacker untuk mengetahuinya. Namun bukan soal panjang pendek saja yang menjadi kunci kuat atau tidaknya sebuah password tetapi kreatifitas yang menjadi hal terpenting dalam membuat password. Lalu bagaimana cara membuat password yang kuat?

1. Jika masih ingin password yang mudah diingat, baliklah password tersebut. (contoh: sekolah -> halokes)
2. Gunakan gabungan angka dan huruf (contoh: h4l0k3s)
3. Jangan lupa pula untuk memanfaatkan huruf kapital (contoh: h4L0k3S)
4. Penambahan beberapa karakter tertentu juga akan membantu membuat kata kunci semakin aman (contoh: ! bwqtiej atau mreuptl). Jangan lupa untuk mengingatnya pula agar Anda tak kesulitan saat mengaksesnya menggunakan ponsel.

Demikianlah postingan kami untuk hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat beraktifitas yah semuanya :)


Sumber
Share this article :

6 komentar:

  1. hehehehe... ada2 aja trik abang nih...tapi emang passwrd harus inget dan rumit bang
    sip bang tutornya

    BalasHapus
  2. sipp bang, semoga dengan ini password kita semakin secure yah :44

    BalasHapus
  3. makasih sob peringatanny... mantap n ada2 aja... :36

    salam blogger^^

    BalasHapus
  4. saya dulu waktu maen game online, pake password seperti ini mG3kLwvvwv5Hb soalnya di dalam akun game saya itu terdapat banyak sekali yang berharga. nah tapi untuk akun facebook dan lain-lain masih pake password yang biasa dan sama. hehehe

    BalasHapus
  5. Jejak Puisi : hihi sama sama sob :44

    Rizal : wkwk, wahh hampir mirip ama ane dongg sobb

    BalasHapus
  6. Ijin Copas untuk gambarnya
    salam

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger