Beberapa Jenis Standar Industri Jaringan Wireless


Blogpanik.blogspot.com - Selamat sore sahabat blogger semuanya serta para pembaca kami yang setia . Kami kembali menghadirkan sedikit ulasan mengenai jenis wireless menurut standar jaringan yang ada. Teknologi wireless pasti sahabat blogger sudah pada mengenalnya kan ? Apalagi yang biasa menggunakannya sehari - hari. Saat Anda mengkonfigurasi jaringan nirkabel, Anda memiliki berbagai pilihan teknologi nirkabel atau jaringan wireless standar yang ingin Anda gunakan. Setiap standar nirkabel memiliki berbagai karakteristik, seperti kecepatan dan jangkauan. Cara kerja teknologi ini diatur oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dan nama kode untuk standar jaringan nirkabel adalah 802.11. Standar ini pada dasarnya merupakan dokumen tertulis IEEE yang menggambarkan bagaimana perangkat nirkabel tersebut harus beroperasi. Dokumen-dokumen ini membantu produsen mengembangkan produk nirkabel yang akan bekerja dengan produk dari produsen lain.
Karena jaringan nirkabel telah berkembang terus, maka IEEE telah mempunyai beberapa standar nirkabel yang berbeda.

Dari awal hingga saat ini masih berkembang, di sini adalah standar nirkabel yang telah diciptakan oleh IEEE untuk industri jaringan wireless saat ini :
  1. 802.11A : Ini adalah standar yang sedikit digunakan, terutama di pasar konsumen, namun beberapa komputer dibundel dengan dual-band wireless (802.11a/g). Meskipun standar ini lebih tua dari 802.11b (akan dijelaskan selanjutnya), ia memiliki (atau lebih baik) atau sama dengan kecepatan maksimum 802.11g, yang kemudian menjadi standar. 802.11a adalah standar satu-satunya yang menggunakan rentang frekuensi yang berbeda (5 GHz, bukan 2,4 GHz), jadi menggunakan standar ini berarti bahwa Anda tidak mungkin memiliki masalah dengan gangguan dari jaringan lain yang hampir sama populer atau lebih. Namun, karena frekuensi tinggi, sinyal-sinyal dari produk 802.11a umumnya tidak sejauh yang dijangkau oleh sinyal dari perangkat yang menggunakan standar lain
  2. 802.11B: Ini adalah standar jaringan nirkabel pertama yang banyak digunakan di rumah-rumah dan bisnis. Standar ini sekarang telah digantikan oleh 802.11g. Jika Anda membeli komputer dengan terintegrasi (built-in) nirkabel atau membeli produk nirkabel sebelum semester pertama tahun 2003, komputer tersebut mungkin menggunakan komponen wireless 802.11b.
  3. 802.11G : Ini adalah standar yang paling banyak digunakan saat ini. Ini mirip dengan 802.11b tetapi merupakan versi perbaikan dengan kecepatan yang jauh lebih besar yaitu sampai dengan 54 Mbps. Produk standar 802.11g kompatibel dengan 802.11b, sehingga Anda dapat mencampur dua perangkat dalam jaringan nirkabel yang sama. Standar 802.11a sebelumnya, tidak kompatibel dengan kedua standar ini dan bahkan tidak menggunakan frekuensi yang sama. Jika Anda membeli komputer dengan produk nirkabel terintegrasi atau beli setelah semester pertama tahun 2003, komponen nirkabel yang cenderung digunakan adalah standar 802.11g.
  4. 802.11N : Sebuah standar berkembang yang kompatibel dengan 802.11b dan produk g. Ketika standar ini selesai, Anda mungkin bisa mendapatkan tarif data sampai 540 Mbps, yang sepuluh kali lebih cepat dari standar yang ada. Selain itu, produk ini akan memiliki jangkauan lebih lama dengan menggunakan teknologi smart-antena yang kuat, disebut Multiple Input Multiple Output (MIMO), yang sudah tersedia di beberapa produk-produk jaringan nirkabel. Anda sudah dapat membeli produk berbasis teknologi ini yang disebut sebagai pra-n atau produk 802.11n. Namun kedua router nirkabel Anda dan komputer Anda harus 802.11n untuk kompatibel dengan semua fasilitasnya.
Demikianlah beberapa ulasan kami mengenai jaringan wireless berdasarkan standar jaringan yang ada. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

Sumber
Share this article :

11 komentar:

  1. Nice Post Thanks for sharing this information which is useful for all.

    php web development

    BalasHapus
  2. Neesa Technologies : You're welcome sir. I am just sharing about Technology and Information in this blog. B'coz i know it very help and useful for us :44 .

    BalasHapus
  3. bagus buat di jadikan referensi.. :D

    BalasHapus
  4. Sadeva : Silahkan broo, boleh di copy ataupun halamannya di bookmark :44

    BalasHapus
  5. wow kecepatan hingga 540mbps? semoga aja internet indonesia bisa sekenceng itu :D

    BalasHapus
  6. Nah, itu yang ane mau juga gan. Siapa tau nanti kita kita ini yg mampu mewujudkannya :44

    :38 :38 :38

    BalasHapus
  7. standarisasi seperti ini memang harus dan penting unutk dilakukan sob...kata guru saya :)
    kunjungan malam sob :)

    BalasHapus
  8. owh gitu ya bang,

    di laptop suka ada wireless 802 sekian, ternyata ada standarnya baru tau ane :D


    salam dan suport dari duniasharing

    BalasHapus
  9. Dwi Yulianto : wah betul soob, apalagi dalam teknologi udah ada standarnya tuh IEEE

    Dunia sharing : iyaa kang, begitu. hehe :44 Semoga jadi ilmu baru buat agan

    BalasHapus
  10. baru tau ane....terima kasih infonya...salam hormat

    BalasHapus
  11. Sipp kang, semoga ini dapat bermanfaat selalu buat semuanya :44

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain