[Cinta Indonesiaku Thread Competition] Indonesia Tetap Di Puja-Puja Bangsa

Salam Satu Tanah Air, Bangsa dan Bahasa INDONESIA buat pembaca sekalian

Tidak terasa beberapa hari lagi kita memperingati HUT Republik Indonesia ke- 68 yang tepatnya dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2013. Oleh sebab itu saya mencoba untuk mengikuti salah satu lomba yang diadakan oleh salah satu Forum di Kaskus yaitu CI ( Cinta Indonesia) .

Pertama-tama saya ingin mengutip sebagian lagu " Indonesia Pusaka " oleh Bapak Ismail Marzuki sebagai berikut :
INDONESIA PUSAKA


Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya

Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa


Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Oleh : Ismail Marzuki

Sebelumnya saya ingin mengatakan bahwa judul dari postingan ini juga terinspirasi dari lagu beliau. Mengapa demikian ? Ya, karena tiap kali saya mendengar lagu ini saya betul-betul merasakan bahwa Indonesia sebenarnya memang sebuah negara yang Jaya dan Besar maka tak ayal kalo " Indonesia Tetap Di Puja-Puja Bangsa " baik sejak dahulu kala hingga sekarang ini tahun 2013. Baiklah kalo begitu langsung saja kita simak berikut pengalaman pribadi saya, ilmu, pengetahuan serta kenyataan dilapangan yang pernah saya baca atau rasakan sendiri mengenai Indonesia. 

Cekidot Guys !!!


Arsitektur

Dimulai dari Arsitektur Indonesia, seperti yang kita tau bahwa Arsitektur Indonesia itu berbasis Negara Kepulauan yang kiranya ada 15 ribu lebih pulau yang dimana juga dipengaruhi oleh keanekaragaman budaya, sejarah dan geografi. Saya kira keanekaragaman Budaya di Indonesia sudah tidak perlu ditanyakan lagi dimana hampir sebagian besar orang Indonesia tau kalau ada banyak budaya ditiap Pulau, Provinsi, Daerah masing-masing. Seperti halnya ada budaya dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Contohnya saja saya yang tinggal di Sulawesi dulunya disana ada budayanya sendiri sedangkan ketika saya kuliah di Jawa saya melihat kebudayaan baru disini (Salah satu contoh Rumah Adat). Ada bukti juga kalo memang ternyata dari mulai Arsitektur juga Indonesia di puja-puja bangsa baik bangsa sendiri maupun dari negara lain. Ini untuk buktinya :

Pengakuan seorang Arsitek dunia Alain M. Viaro dan Arletta Ziegler dalam bukunya berjudul “Traditional Architecture of Nias Island” mengakui bahwa arsitektur rumah tradisional Nias merupakan satu-satunya arsitektur rumah tahan gempa yang terdapat di dunia ini. Dan ini memang terbukti, ketika gempa berskala besar melanda kepulauan Nias tahun 2005 yang lalu, rumah-rumah adat Nias yang masih asli tetap kokoh berdiri.

Itulah Indonesia yang tetap di puja-puja bangsa dan oleh sebab itu maka kita sebagai generasi penerus bangsa sudah menjadi kewajiban kita memiliki kesadaran untuk melestarikannya serta memperkenalkannya kepada anak cucu kita kelak serta membawanya dikenal oleh seluruh orang di dunia !!


Kekayaan Alam, Flora dan Fauna

Dilanjutkan mengenai Kekayaan Alam, Flora dan Fauna, saya kira mengenai hal ini teman-teman pembaca sekalian juga sudah tidak asing dengan Alam, Flora maupun Fauna di Indonesia. Mengapa demikian ? Ya, karena kita bisa lihat sendiri lah bahwa Indonesia itu terdiri dari beribu Pulau yang dimana tentunya kekayaan alam, flora dan fauna ditiap pulau itu beda-beda apalagi Indonesia kan memiliki Hutan Hujan Tropis. Kalo begitu kita coba melihat dari sisi Flora dan Fauna yang ada di Indonesia.

Berdasarkan suatu Penelitian, keanekaragaman Hayati Indonesia meliputi Flora dan Fauna :
1. Jumlah Mamalia 515 jenis (12 % dari jenis mamalia dunia).
2. Jumlah Reptilia 511 jenis (7,3 % dari jenis reptilia dunia).
3. Jumlah Burung 1.531 jenis (17 % jenis burung dunia).
4. Jumlah Amphibia 270 jenis.
5. Jumlah Binatang tak bertulang 2.827 jenis.
6. Jumlah Tumbuhan 38.000 jenis.

(Referensi Penelitian : http://ikhwanulfauzi.blogspot.com/2013/05/jumlah-flora-dan-fauna-di-indonesia.html )

Kalau didaerah Sulawesi saya mengenai beberapa tumbuhan seperti kumis kucing, anggrek, sawo kecik, asoka, jambu monyet sedangkan Fauna yang saya kenal disini itu ada anoa, babirusa, kambing, kerbau, tedong. Ya mungkin aga sedikit karena memang di daerah kami belum ada kebun binatangnya yang bisa menampilkan Flora dan Fauna yang ada jadinya saya hanya melihat dari kehidupan sehari-hari aja.

Dilanjutkan dengan kekayaan alam Indonesia dimana sudah banyak yang dikenal oleh dunia baik itu terkenal karena keindahannya maupun manfaatnya. Sebut saja kekayaan emas yang melimpah, minyak, tambang batu bara, gas, tempat wisata yang hampir di setiap pulau Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah dan berbeda-beda.

Bagaimana dengan dimata dunia ? Indonesia bahkan sering dijuluki oleh negara-negara lain sebagai " Heaven Earth " atau yang artinya " Surga Dunia " karena banyak Negara dunia iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan pemandangan yang memanjakan mata.

Itulah Indonesia dengan seluruh kekayaan alam, flora dan fauna nya yang melimpah ruah yang sudah pasti menjadi pujaan bangsa sendiri dan bahkan juga dunia mengakuinya. Meskipun hingga sekarang ini banyak juga kekayaan alam Indonesia yang masih dikuasai oleh pihak asing, namun kami khususnya saya tidak berhenti berharap dan berusaha untuk mengembalikan ke Jayaan Indonesia !!


Kuliner

Dilanjutkan mengenai Kuliner, kalo mengenai hal ini saya juga akan tertarik membahasnya dimana tentunya saya salah satu penggemar makan. Mengenai kuliner kalo kita mau bahas per daerah masing masing yaitu puluhan provinsi, ratusan kota dan daerah maka mungkin tak akan cukup namun sebisa mungkin kita akan membahas singkat padat dan jelas. Lewat kuliner Indonesia menjadi andalan oleh bangsanya sendiri, dengan keanekaragaman daerah maka kulinernya pun bisa beranekaragam seperti misalnya seperti saya di Sulawesi ya disana ada macam-macam seperti Coto, Sop Kikil, Ikan Bakar, Palubassang, Barongko, Pisang Ijo dll. Seperti yang kita tau juga kalau mengenai kuliner juga sudah banyak orang Indonesia yang suka/sudah pernah ke daerah lain juga untuk mencoba kuliner disana jadinya kuliner di daerah lain juga bisa saling mengenal diperkenalkan disetiap daerah di Indonesia.

Jika kita melihat kembali dimata Dunia ada berbagai macam kuliner khas Indonesia yang sudah Populer di Dunia seperti Nasi goreng, Gado-gado, Soto, Bakso, Sate dll.
Jadi kurang apalagi coba ? Dimata dunia sudah terkenal dan di mata bangsa sendiri apalagi lebih-lebih malahan tinggal kita sebagai salah satu yang mesti menjadi penerus maupun orang yang mesti peduli terhadap hal-hal tersebut !!


Kerajinan dan Ukiran

Dilanjutkan mengenai Kerajinan dan Ukiran, menurut sepengetahuan saya kalo Indonesia memang sudah terkenal dengan segalam macam kerajinan dan ukiran mulai dari rotan, kayu, tembaga, kuningan, perunggu. Sudah banyak pula dan bahkan bukan rahasia lagi kalo sebagian besar bangsa Indonesia mengenal kerajinan dan ukiran yang ada bahkan sampai menggunakannya.

Ada berbagai macam daerah yang bergerak dan juga terkenal dalam bidang kerajinan maupun ukiran. Namun sepengetahuan saya yang terlihat paling dikenal yaitu ukiran dari Jepara. Saya juga bahkan sempat membaca beberapa berita, artikel mengenai ukiran dari Jepara yang mana sudah mendunia artinya dikenal dan bahkan dipergunakan di negara lain. Saya juga yakin bahwa sebenarnya masih banyak didaerah lain yang mungkin kerajinan bahkan ukirannya yang sudah terkenal bahkan dimata dunia secara bahwa Indonesia kan memiliki beragam kebudayaan yang membuat seni nya bisa jadi berbeda-beda pula keunikannya.


Kesusastraan, Bahasa dan Dongeng

Dilanjutkan mengenai Kesusastraan, Bahasa dan Dongeng, seperti yang kita tau bahwa mengenai ketiga hal ini Indonesia juga kaya akan hal ini serta menjadi kebanggaan tersendiri dimata bangsa. Kesusateraan sendiri tentunya tidak lepas dari peranan berbagai kerajaan-kerajaan dahulu di nusantara kita ini yang telah membuat kesusastraan dan juga ketika telah menjadi Indonesia sudah banyak jenis kesusastraan yang ada.
Mengenai bahasa pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 juga sudah pernah bersumpah bahwa kita berbahasa satu Bahasa Indonesia yang mana tetap dipegang teguh hingga sekarang. Saya juga tau bahwa selain Bahasa Indonesia ditiap daerah masing-masing pasti memiliki bahasanya sendiri namun untuk pemersatu Bahasa Indonesia muncul. Sedangkan Dongeng tiap daerah di Indonesia juga memiliki banyak dongeng yang berbeda dan beragam yang masih terkenal hingga sekarang ini.

Menurut saya banyaknya daerah sangat mempengaruhi Kesusastraan, Bahasa dan Dongeng karena ditiap daerah pastinya Anda juga akan menemukan hal yang berbeda pula. Kalo pertanyaan ke mata dunia itu sudah pastinya terkenal di negara-negara lain bahkan sejak dulu kala. Sastra, Bahasa dan Dongen juga sekarang bahkan sudah banyak dipelajari oleh wisatawan asing baik yang hanya sekadar berlibur maupun yang mencoba tinggal di Indonesia.

Ada juga Thread yang membahas mengenai Bahasa Indonesia yang mendunia disini : " http://www.kaskus.co.id/thread/516cc038552acf671d000002/bahasa-indonesia-mendunia "


Pakaian

Dilanjutkan mengenai Pakaian, dimana lagi-lagi daerah masing-masing memainkan perannya sekali lagi dalam mebentuk keberagaman yang tiada habisnya di Indonesia. Seperti halnya bahwa khususnya Pakaian Adat di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa , Sulawesi dan Papua berbeda-beda . Namun disini dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia menggunakan Pakaian yang umummnya dipakai baik produksi dalam maupun luar negri.

Oh iya saya juga ingin memperkenalkan beberapa pakaian Indonesia yang sudah mendunia seperti Raden roro , Peter says denim dan masih banyak lagi. Itu juga bisa membuktikan bahwa bukan hanya didalam negri, bahkan di luar negri produk pakaian Indonesia juga digemari.


Lagu, Tarian dan Alat Musik

Dilanjutkan mengenai Lagu, Tarian, dan Alat Musik , kalo menurut saya yang bagian ini sebagian besar sudah banyak yang minat dari orang dewasa hingga anak-anak. Lagu sendiri banyak yang berasal dari Indonesia mulai dari lagu daerah hingga lagu yang modern sekarang. Lagu daerah tentunya berbeda-beda tiap daerah dengan menggunakan bahasa nya masing-masing. Kalo kita membicarakan lagu modern sekarang yang banyak digandrungi anak muda sekarang mulai dari band musik hingga boyband/girlband. Sepengetahuan saya sih selama nonton Tv dan baca artikel, sudah banyak musik maupun band dari Indonesia yang sudah Go International bahkan sudah banyak juga Fans nya dari beberapa negera. Oh iya kalo di Sulawesi lagu daerah yang terkenal itu Anging Mamiri loh.

Mengenai Tarian dari Indonesia juga hal yang sepertinya tak perlu dipertanyakan ketenarannya lokal maupun internasional. Tarian-tarian yang ada pun juga berbagai macam mulai dari Tarian daerah hingga tarian kontemporer sekarang yang sudah mulai dikreasikan. Kalo mengenai daerah yang terkenal tariannya ya tak lain dan tak bukan hampir seluruh berbagai daerah sudah terkenal tariannya masing-masing. Kalo didaerah saya di Sulawesi itu tarian yang terkenal tari paduppa, tari gandrang bulo, tari pakarena dll.

Terakhir mengenai Alat Musik juga banyak yang terkenal dari Indonesia seperti yang kita tau sering dimainkan Gong/Gamelan dari Jawa-Bali , Gandrang Bulo dari Sulawesi, Angklung dari Bandung dll. Alat musik tradisional juga memliki keanekaragaman ditiap daerah, setau saya juga sih banyak juga wisatawan asing yang mulai mempelajari alat musik dari Indonesia bahkan sampai bermukim disini.

Begitulah kita mengenal Indonesia mulai dari Lagu, Tarian dan Alat Musik yang sudah sangat terkenal baik di Indonesia bahkan sudah Go International. Maka dari itu sekali lagi ada hal yang mesti kita lestarikan yaitu lagu, tarian dan alat musik Indonesia


Pahlawan dan Tokoh Nasional

Dilanjutkan mengenai Pahlawan dan Tokoh Nasional, dimana kebanyakan yang kita kenal sekarang ini berasal dari zaman kemerdekaan dan perjuangan dulu. Karena waktu dulu itu terjadi perjuangan diberbagai pelosok Nusantara dengan pahlawan/ pemimpin pergerakan di berbagai daerah berbeda-beda. Seperti beberapa yang saya kenal yaitu Gusti Ngurah Rai, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanuddin, Cut Nyak Dien, Pangeran Pattimura. Mulai dari Sabang hingga Merauke berjejer pahlawan-pahlawan nasional yang dulunya berjuang menuntut kemerdekaan Indonesia. Tapi kini kalo kita kenal pahlawan nasional bukan hanya yang turun ke medan pertempuran namun juga yang mempertahankan ataupun memperjuangkan Indonesia dalam bidang yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk Tokoh Nasional kita tentunya paling mengenal sosok Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Proklamator Kemerdekaan. Tokoh Nasional juga sangat banyak sekali namun orang-orang kebanyakan hanya mengenal segelintir saja seperti Ismail Marzuki, Jendral Soedirman, W. R Soepratman, Ibu Sud dll. Kebanyakan yang saya sebutkan itu pencipta lagu nasional maupun lagu anak-anak.

Seperti perkataan Bung Karno mengenai Jas Merah yaitu Jangan sekali-sekali melupakan Sejarah, maka dari itu sebagai bangsa Indonesia kita juga mestinya bisa mengetahui sejarah Indonesia hingga Pahlawan dan Tokoh Nasionalnya baik yang sangat terkenal hingga yang kurang terkenal dalam hal ini jarang dipublikasikan.


Permainan Rakyat

Dilanjutkan mengenai Permainan Rakyat, kalo mengenai hal ini sebaiknya kita tanyakan saja langsung kepada anak-anak yang hehe. Biasanya anak-anak yang lahir ditahun 1990an kebawah masih bisa merasakan permainan rakyat dimana sebelum era teknologi sudah semakin pesat perkembangannya. Kalo didaerah saya di Sulawesi saya waktu itu sering bermain kelereng/gundu, gobak sodor, batu santo, layangan, petak umpet, dll. Jelas sekali pada waktu saya kecil dulu permainan yang dilakukan itu permainan rakyat dimana masih dilakukan oleh banyak teman-teman kecil saya didekat rumah yang dimainkan dengan peralatan sederhana.
Namun jangan salah meskipun dikenal dengan nama permainan rakyat tapi banyak juga loh peminatnya pada waktu itu, yaa namanya asik dan menyenangkan serta rame pastinya banyak disukai dong. Kalo dari penilaian saya sih mantap bener dah permainan-permainan dulu, itulah aslinya masa kanak-kanak waktu dulu.


Properti Sejarah Nasional

Dilanjutkan mengenai Properti Sejarah Nasional, seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai Pahlawan dan Tokoh Nasional tentunya ada juga Properti Sejarah Nasional Indonesia. Berbicara mengenai Properti Sejarah maka kita pastinya akan merujuk ke daerah masing-masing dimana ditiap daerah memiliki perjuangan yang berbeda beda dan dengan cerita yang berbeda pula. Contohnya seperti di Bandung ada Monumen Bandung Lautan Api dimana perjuangan perebutan kota Bandung, ada perjuangan arek Suroboyo, di Sumatera, Kalimantan, Papua, dan juga ada Monumen Mandala di Sulawesi.

Perjuangan-perjuangan dulunya ditiap daerah kini menyisakan kita berbagai Properti Sejarah Nasional yang masih ada hingga sekarang. Bahkan kebanyakan juga dimasukkan kedalam museum agar siswa/siswi bisa mempelajarinya kembali dan mengetahuinya juga.Tentu saja Properti Sejarah Nasional bisa menjadi objek yang menarik bagi seluruh bangsa Indonesia yang tertarik akan hal itu dan juga beberapa orang dari negara lain. Sekali lagi Jas Merah !!


Seni Peran

Dilanjutkan mengenai Seni Peran, kalo menurut saya sih ini ada kaitannya dengan Seni Peran hingga sekarang yang sering dilakukan oleh Aktor dan Aktris dari Indonesia. Baiklah saya akan mulai membahas mengenai Seni Peran di Indonesia. Melihat banyaknya film yang dibuat dari Indonesia hingga berbagai genre ada yang horor, komedi, action dll. Dari berbagai film yang telah dibuat mulai banyak muncul Aktor dan Aktris terkenal dari Indonesia karena kemampuannya dalam lihai memainkan seni peran dalam hal ini saya maksudkan berakting. Seni Peran di Indonesia mulai dari ftv hingga ke layar lebar, bahkan beberapa orang yang ahli di seni peran ini sudah Go International lhoo. Coba saja kita liat di film andalan saya yaitu Fast and Furious 6 ada Joe Taslim yang juga berperan di The Raid. Bagaima keren tidak ?

Bukan hanya satu dua atau tiga film maupun aktor saja namun sudah banyak sekarang yang mulai go international yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu. Begitu majunya juga Seni Peran di Indonesia dimana banyaknya orang yang memiliki bakat-bakat ddalam bidang ini. Sudah saatnya kita maju dan berkembang sesuai dengan bidang kita untuk membuat Indonesia kita ini bangga dengan ada nya kita sebagai warga negara !!


# Tata Cara Adat, Upacara dan Ritual

Terakhir yaitu mengenai Tata Cara Adat, Upacara dan Ritual yang biasanya masih melakukan ini sih kalo diliat-liat ya di Pulau Bali dan Jogja, meskipun memang tidak bisa dipungkiri bahwa dibeberapa daerah masih banyak melakukan Upacara dan Ritual. Itupun Tata Cara adat, Upacara dan Ritual yang dilakukan berbeda ditiap daerah yang mana ada yang berbasis karasidenan, keraton, adat bali dll. Mulai dari tata cara adat yang ada di jogja berbeda dengan di berbagai daerah begitu pula sebaliknya. Dengan demikian ketika beberapa orang dari daerah yang berbeda-beda bersatu maka akan terbentuk suatu tata cara adat gabungan sehingga terciptanya masyarakat yang beradat baik.

Mengenai upacara saya biasa melihat orang bali suka membawa banten atau sesajen untuk melakukan Upacara atau Ritual baik untuk keagamaan maupun untuk menghormati para leluhur terdahulu. Sungguh sangat menakjubkan keberagaman budaya dan agama di Indonesia yang membuat kesatupaduan yang harmonis bila itu terjadi. Hal seperti ini juga biasanya memancing para wisatawan datang untuk menyaksikan beberapa kegiatan upacara maupun ritual di berbagai pulau di Indonesia.


Demikianlah tulisan saya yang mudah-mudahan bermanfaat ini. Saya cuman ingin mengatakan bahwa " Sejak Dulu Indonesia Tetap Di Puja-Puja Bangsa " dimana dari 12 hal diatas ternyata sangat beragam, sangat menarik, sangat super yang memang pantas membuat Indonesia sampai di puja-puja bangsa hingga bansga dari negara lain juga tentunya memuja Indonesia. Jadi mengapa kita sebagai warga Indonesia tiak bisa lebih bangga lagi !! Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah mampir membaca tulisan saya


Share this article :

3 komentar:

  1. Merdeka,,,
    indonesia-ku jaya terus
    semoga menang lombanya gan. :)

    BalasHapus
  2. sekali merdeka tetap merdeka indonesia ku

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat bermanfaat.
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain