Membuat CD/R Dapat Menyimpan Data Berulang Kali


Hallo para sahabat blogger serta pembaca sekalian, terima kasih sudah mampir ke postingan ane. Kali ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai penggunaan CD/R. Kebanyakan dari kita pasti sudah mengenal yang namanya CD/R, yang mana biasanya kita hanya dapat menggunakan nya sekali saja dan ternyata disini kita bisa menggunakannya berulang ulang.

Seperti yang kita tau bahwa salah satu media penyimpanan data selain Disket dan Flashdisk adalah Compact Disc (CD). CD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada Disket yaitu sekitar 700 MB. Karena itu CD lebih banyak di gunakan terutama untuk mendisitribusikan file secara manual. Bahkan di masa sekarang dimana orang mungkin sudah banyak menggunakan FD ataupun HD External CD juga bisa menjadi salah satu alternative tempat penimpanan/ pendistribusian file


Adapun Compact disc, yaitu CD/R ( Compact Disc Recordable ) hanya dapat dipergunakan untuk menyimpan satu kali saja dan CD/RW (Compact Disc ReWritable) yang dapat dipergunakan untuk menyimpan dan juga dapat menghapus file yang telah disimpan kemudian untuk menyimpan file/data lagi sehingga CDRW ini bisa dipergunakan berkali-kali.

Dengan sedikit trik, kita bisa menyiasati agar CD/R dapat digunakan menyimpan data atau file berulang kali seperti CD/RW. Ini cukup sederhana dan kita hanya perlu menggunakan program Nero Burning saja. Dengan langkah sebagai berikut :


1. Buka Program/Aplikasi Nero


2.Kemudian pilih “ Data “ lalu klik “ Make Data CD “

3. Setelah itu masukkan file yang akan di burning ke CD dengan klik tombol “ Add “ dan jika sudah semua klik “ Next “

4. Pada jendela Final Burn Settings aktifkan atau beri tanda cek list pada pilihan “ Allow files to be added later (Multisession disc) “. Dengan mengaktifkan fitur ini maka CD/R akan bisa digunakan untuk menyimpan data berkali kali atau sekarang fungsinya sudah seperti CD /RW

5. Langkah terakhir klik “ Burn “.
Share this article :

1 komentar:

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Free Bitcoin

Bits2u