Apa sih WiMax, WiFi dan WiBro itu ?


Apa sih WiMax, WiFi dan WiBro itu ? - Selamat siang sahabat blogger serta para pembaca semuanya. Kali ini kami ingin berbagi ilmu sedikit mengenai WiMax, WiFi serta WiBro. Pertama tama apakah sudah ada yang tau salah satu dari ketiganya ?. Mungkin jika yang berhubungan dengan telekomunikasi, jaringan dll sudah mengetahuinya baik teoritis maupun prakteknya. Langsung saja berikut WiMax, WiFi serta WiBro kami akan jelaskan.

WIMAX



WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar ( broadband wireless access atau disingkat BWA ) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik.

Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband.

Wi Max Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh IEEE, seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX).


Wi-Fi


Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau PDA untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Di Indonesia sendiri, penggunaan Internet berbasis Wi-Fi sudah mulai menggejala di beberapa kota besar. Di Jakarta, misalnya, para maniak Internet yang sedang berselancar sambil menunggu pesawat take off di ruang tunggu bandara, sudah bukan merupakan hal yang asing.

Fenomena yang sama terlihat diberbagai kafe seperti Kafe Starbucks dan La Moda Cafe di Plaza Indonesia, Coffee Club Senayan, dan Kafe Coffee Bean di Cilandak Town Square, dimana pengunjung dapat membuka Internet untuk melihat berita politik atau gosip artis terbaru sembari menyeruput cappucino panas.


WiBro


WiBro (Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.

Akses Wibro juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.

WiBro adalah pengembangan lebih lanjut dari standar teknologi buatan Korea yang disebut high-speed portabel internet (HPI). Para pengembangnya antara lain KT Corps, SK Telecom, dan Electronic & Telecommunications Research Institute. Kini standar teknologi HPI sudah dianggap termasuk satu dari standar teknis global mengingat HPI memakai standar 802.16e dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Demikianlah postingan kami mengenai Apa sih WiMax, WiFi dan WiBro itu ? , semoga ini dapat menjadi pengetahuan baru maupun tambahan bagi kita semua.
Share this article :

18 komentar:

  1. Yang paling familiar di ditelinga saya cuma wi-fi, yg lain belum pernah mendengar. Dari postingan ini, jadi tahu istilah utk koneksi interndt lainnya.

    Terima kasih infonya ya masbro :)

    BalasHapus
  2. Semuanya makasih yah, please don't be a spammer :18

    BalasHapus
  3. wah kapan ya wibro bisa di realisasikan :D

    BalasHapus
  4. @Shooters dWh: Sipp kang broo :33
    @rizaaal: yah, kita sabar aja broo. Siapa tau pemerintah kita sedang merencanakannya :44

    BalasHapus
  5. sebelum baca ini sebenernya ga ngrti gan :D hehhee

    BalasHapus
  6. kalau wibro saya baru dengar nih sobat, makasih yach sobat informasinya...

    BalasHapus
  7. @ale kaleng: wah, semoga bermanfaat ilmu ane kali ini gann
    @Fandi Adhitya: oke sobb
    @Luar Kampus: semoga bermanfaat kang bro
    @Asis Sugianto: hehe sipp kang Astho, moga aja bermanfaat nih

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain