Mengenal Perbedaan HSDPA dan HSUPA



Mengenal Perbedaan HSDPA dan HSUPA - Selamat pagi sahabat blogger serta pembaca sekalian. Senang sekali kami bisa mengupdate postingan mengenai pelajaran kami disekolah. Pastinya udah banyak yang mengenal HSDPA maupun HSUPA baik yang hanaya mengenal nama maupun secara keseluruhan. Nah, kalau begitu mari melihat penjelasan singkat dari kami


High-Speed Downlink Packet Access


High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5 G. HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam. High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah jaringan yang diperuntukkan bagi telepon seluler yang populer dengan nama teknologi 3,5G. Teknologi ini menyediakan kemampuan mengunduh yang cepat dan merupakan sambungan dari asynchronous digital subcriber line (ADSL) yang digunakan pada sambungan layanan internet untuk daerah perumahan dan mencegah melambatnya koneksi pada telepon seluler.



Keunggulan

* Teknologi HSDPA dapat digunakan untuk banyak user secara bersama-sama. Tetapi jika semua user melakukan download file dengan kapasitas yang besar dari internet, akan berimbas pada aliran data, yaitu seluruh user akan mendapat koneksi yang lambat.

* Frekuensi yang dipakai oleh teknologi ini sudah dapat dimaksimalisasikan secara efisien dengan pemakaian bandwith (lebar pita) yang tepat.

* Mengurangi tertundanya pengunduhan atau download data (delay), walaupun dengan banyaknya pengguna dari koneksi HSDPA, unduhan data tidak akan tertunda, tetapi mungkin mengalami sedikit keterhambatan aliran data.

Kekurangan

* Kecepatan maksimum 14,4 Mbps dalam jarak kurang dari 1 km dari base station. Apabila sudah mencapai jarak lebih dari sama dengan 6 km, aliran data akan menurun kepada kecepatan 1 Mbps.

* Harga yang cukup mahal bila dibandingkan dengan jaringan seperti WiMAX.



High-Speed Uplink Packet Access


High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA) adalah protokol telepon genggam 3G dalam keluarga HSPA dengan kecepatan unggah/"uplink" hingga 5.76 Mbit/s. Nama HSUPA diciptakan oleh Nokia. 3GPP tidak mensupport istilah 'HSUPA', sebagai gantinya digunakan istilah Enhanced Uplink (EUL).

Mirip-mirip dengan HSDPA, HSUPA menggunakan packet scheduler, tapi beroperasinya berdasarkan prinsip request-grant dimana UEs meminta izin untuk mengirim data dan scheduler (penjadwal) memutuskan kapan dan seberapa banyak UE yang diperbolehkan mengirimkan data. Permintaan untuk mentransmit data berisikan status dari buffer transmisi dan antrian di UE, juga ketersediaan margin dayanya. Bagaimanapun, tidak seperti HSDPA, transmisi uplink tidak ortogonal satu dengan yang lainnya.



Pada "Layer" 1, HSUPA memperkenalkan kanal fisik baru E-AGCH (Access Grant Channel), E-DCH Relative Grant Channel, F-DPCH (Fractional-DPCH), E-HICH (E-DCH Hybrid ARQ Indicator Channel), E-DPCCH (E-DCH Dedicated Physical Control Channel) dan E-DPDCH (E-DCH Dedicated Physical Data Channel).

E-DPDCH digunakan untuk membawah E-DCH "Transport Channel"; dan E-DPCCH digunakan untuk membawa informasi kontrol yang diasosiasikan dengan E-DCH.

Setelah HSUPA, 3GPP bekerja pada laju transfer yang lebih jauh. LTE menyediakan hingga 326.4 Mbit/s untuk unduh/"download" dan 86.4 Mbit/s untuk unggah. LTE-Advanced, masih dalam pengembangan sebagai "minor update" untuk jaringan LTE, mendukung hingga rata-rata unduh maksimum 1 Gbit/s.


Demikianlah postingan kami mengenai Mengenal Perbedaan HSDPA dan HSUPA semoga dengan ini info kita semua serta pemahaman kita dapat bertambah walaupun sedikit.
Share this article :

13 komentar:

  1. hahah jadi semakiin paham perbedaan antara HSDPA dan HSUPA,,

    makasih sharenya sobat...

    BalasHapus
  2. @Shooters dWh: oke sobat, sama sama
    @Asis Sugianto: iyaa kang, semoga aja jadi ilmu baru :44

    BalasHapus
  3. bedanya cuma up ama down toh :D

    BalasHapus
  4. berarti HSDPA cepet downloadnya n HSUPA cepat buat upload ya

    ok. ok

    BalasHapus
  5. owh gitu tohh,,, baru tau ane
    nice share sob

    BalasHapus
  6. Wah tambah ilmu nih ane...
    Sukses selalu dan jangan lupa komen balik y, sob....

    Salam
    http://nurrohmattriatmojo.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. @rizaaal: sekilas memang begitu bro hehe
    @earth-inside: iya kang broo, HSDPA sebenarnya kencang juga uploadnya tapi sekarang masih pengembangan nih :44
    @Pendel: hehe sipp soob
    @NT: wah, semoga bermanfaat ilmunya kang broo

    BalasHapus
  8. :10 Jadi tahu bedanya neh, tapi sayang dua2nya gak bisa di akses dari kampung halamanku

    BalasHapus
  9. @Wong Cerbon: wah tunggu aja yah kang, semoga aja ntar ada proyek di kampung halaman akang hehe

    BalasHapus
  10. kita juga punya nih jurnal hsdpa, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2416/1/03-01-012.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus
  11. Oke bgt artikelnya Boss, thanks atas kunjungan ke blog Ane (taktikpromosi.blogspot.com) kmrn ya.. Maju terus deh and lam sukses..!!!

    BalasHapus
  12. Sipp bro, makasih dan sama-sama

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Free Bitcoin

Bits2u