Aplikasi Lokal di Nokia Store Mengalami Penaikan

Aplikasi Lokal di Nokia Store Mengalami Penaikan - IT News | Siapa yang punya Handphone Nokia ? Pasti udah jarang yah dikarenakan banyaknya Smartphone yang bertebaran dimana mana. Nah, buat kalian yang menggunakan Ponsel Nokia apa salahnya mengunjungi situs Nokia store dimana kamu dapat mendownload aplikasi, themes, games dll. Langkah Nokia berusaha menggaet developer lokal untuk membuat aplikasi di toko online Nokia Store miliknya mulai membuahkan hasil. Produsen ponsel tersebut mencatat kenaikan angka aplikasi buatan lokal yang terdaftar di toko aplikasi Nokia Store. Sampai saat ini, jumlah aplikasi lokal di toko tersebut diklaim mencapai 4.500, naik dari jumlah 3.000 aplikasi yang tertcatat pada akhir 2011. 


Jumlah itu meliputi aplikasi yang dibuat untuk platform S40 Nokia, termasuk seri ponsel Asha. Adapun jumlah aplikasi lokal untuk platform Windows Phone seperti seri smartphone Lumia mencapai kisaran 400 judul. Jumlah developer yang menulis aplikasi untuk Nokia Store sendiri disebut telah mencapai 12.000. "Tapi untuk sekarang belum ada penambahan jumlah developeLangkah Nokia berusaha menggaet developer lokal untuk membuat aplikasi di toko online Nokia Store miliknya mulai membuahkan hasil. Produsen ponsel tersebut mencatat kenaikan angka aplikasi buatan lokal yang terdaftar di toko aplikasi Nokia Store. 


Sampai saat ini, jumlah aplikasi lokal di toko tersebut diklaim mencapai 4.500, naik dari jumlah 3.000 aplikasi yang tertcatat pada akhir 2011.

Jumlah itu meliputi aplikasi yang dibuat untuk platform S40 Nokia, termasuk seri ponsel Asha. Adapun jumlah aplikasi lokal untuk platform Windows Phone seperti seri smartphone Lumia  mencapai kisaran 400 judul. Jumlah developer yang menulis aplikasi untuk Nokia Store sendiri disebut telah mencapai 12.000.

"Tapi untuk sekarang belum ada penambahan jumlah developer yang signifikan karena kami sedang konsentrasi meningkatkan kualitas aplikasi, " ujar Developer Manager Nokia South East Asia Narenda Wicaksono pada acara Media Gathering Nokia, di Jakarta.

Nokia Store mencatat angka download aplikasi dari Indonesia sebanyak 3,1 juta per minggu. Lima developer lokal telah mencatat angka download di atas 1 juta di Nokia Store, yaitu Agate Studio, Aksara Games, KabitaDev, Udjo42, dan Deva.

Salah satu developer, IND190, yang membuat themes bahkan mencatat angka download 30 juta di seluruh dunia. "Ini sudah luar biasa karena di seluruh dunia hanya ada tiga developer yang berhasil mencapai angka 100 juta download."

Selama ini Nokia rajin merangkul pengembang aplikasi Indonesia untuk membuat aplikasi di platform Nokia. Caranya antara lain dengan menggelar roadshow ke kampus-kampus serta melakukan developer event.

Narenda mengatakan bahwa Nokia berusaha memudahkan developer dalam  memonetisasi aplikasi dengan menerapkan mekanisme operator billing (potong pulsa).  "Dengan begini, calon pembeli juga tak takut-takut lagi dalam membeli aplikasi seperti yang terjadi apabila yang digunakan adalah kartu kredit," ujarnya.

Menurut Narenda, inilah salah satu sebab mengapa developer Indonesia tertarik membuat aplikasi untuk Nokia Store. "Pokoknya toko aplikasi kami terlihat seksi untuk mereka," ujarnya.


Demikianlah berita Informasi dan Teknologi kami pada hari ini semoga saja bermanfaat dan berguna selalu. Aplikasi Lokal di Nokia Store Mengalami Penaikan

Sumber: tekno.kompas.com | Rating: 4.5
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain