Internet versus Buku dan Perpustakaan

Internet versus Buku dan Perpustakaan - Internet | Dengan makin banyaknya konten, wawasan ataupun bacaan di Internet, tidak akan serta merta mengancam peran dari perpustakaan dan toko buku, termasuk keberadaan produk buku-buku di dalamnya. Memang tak dapat dipungkiri, bahwa konten pengetahuan yang ada di Internet sangat berlimpah luar biasa, sangat tidak bisa dibandingkan dengan konten yang ada di dalam bangunan fisik seperti perpustakaan atau toko buku.


Tetapi ada keunggulan utama pada perpustakaan dan toko buku yang tak dimiliki oleh Internet, yaitu sebagai tempat terjadinya pertukaran ide, gagasan, informasi, ataupun pengetahuan secara tatap muka. Biar bagaimanapun, diskusi secara tatap muka, yang menggabungkan komunikasi verbal maupun non-verbal, akan lebih 'berisi' ketimbang diskusi melalui komputer atau Internet.


Di banyak negara, perpustakaan dan toko buku mulai memahami perannya sebagai pusat pertukaran pengetahuan secara tatap muka tersebut. Sehingga banyak perpustakaan dan toko buku kini yang tak sekedar berisi rak, buku dan mesin kasir, tetapi sudah dilengkapi dengan sofa dan meja yang nyaman untuk membaca ataupun berdiskusi, hotspot/wifi hingga cafe didalamnya.

Dan buku yang ditawarkan, tidak lagi buku dalam bentuk fisik. Mereka bahkan sudah menjual atau meminjamkan buku dalam bentuk digital, untuk dibaca melalui gadget pelanggan mereka masing-masing. Ini sekaligus menandakan bahwa yang terpenting dari sebuah buku adalah isi ataupun pengetahuannya, bukan bentuk fisiknya.

Sehingga di masa mendatang, bisa saja anak-anak tetap mencintai buku, tetapi sudah dalam bentuk digital, apakah itu informasi yang diunduh atau diakses dari Internet langsung, dari toko buku atapun perpustakaan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Internet versus Buku dan Perpustakaan , semoga saja kita masih bica mencintai Buku dan Perpustakaan meskipun sekarang sudah era digital. 

Referensi: detik.com | Rating: 4.5
Share this article :

9 komentar:

  1. kalau membaca, saya masih lebih suka buku bro, mata terasa lebih nyaman :)

    BalasHapus
  2. jaman sekarang serba canggih, semua serba elektronik dan digital. buku nya jadi ndak gampang rusak nih :D

    BalasHapus
  3. kalo diantara 3 itu saya milih semua

    BalasHapus
  4. Saya lebih suka EBOOK sih lbih paraktis bs dibawa kemana2 tanpa bawa buku tebel2 hehe..

    berkunjung di blog sobat.. Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf lahir dan bathin ea..

    -Master Venomia-

    BalasHapus
  5. Sobat saya ingin mengajak anda menjadi Salah Satu Penulis blog saya di www.korangratis.web.id Apakah Anda berkenan. bila anda berkenan bisa hub saya di 085743814600 atau email beritakita35@yahoo.com untuk membicarakanya lebih lanjut.

    BalasHapus
  6. buku lebih jelas kebenaraninfonya ,belum tentu info yag ada di internet itu benar,
    so baca bku yuk

    BalasHapus
  7. @ Fahmi Syarif : setuju ane broo, masih lebih dominan yg real

    @ Naughtyric : iya bro, hihi apalagi sekarang bisa membaca buku yang ada di dunia . Wawasan kita juga semakin luas bro

    @ Dwi Rahmat : Wah, pasti punya banyak ebook nih di pc sobat wkwk. Sama sama gan

    @ Mr. Humoris : Boleh sobat, saya akan mengkonfirmasi secepatnya

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain