Tips Mencegah Android Anda Hang

Tips Mencegah Android Anda Hang - Dunia TipsAndroid merupakan perangkat mobile yang termasuk kategori Smartphone, seperti halnya perangkat lain berbasis iOS, BBOS, windowsphone, symbian, bada. Dengan kemampuan multitask alias beragam aplikasi yang bisa berjalan sekaligus, tentu akan membebani memory RAM. Bayangkan jika otak diberikan berbagai macam masalah yang harus dipikirkan, tentu bakalan stress. Dalam komputer akan mengalami hang.




Tapi sebaliknya, kalau Android tidak memiliki banyak aplikasi, tentu tidak puas dan mubazir dengan program canggih tanpa dijejali aplikasi yang mumpuni juga. Komprominya adalah perlakuan terhadap aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi memang selalu berjalan alias auto sync, misalnya calendar,google account dengan sekelompok aplikasi tautannya, tanggal dan jam, email client dan situs jejaring sosial macam Facebook dan Twitter.

Aplikasi inilah yang mengkapling sekian persen jatah RAM, sehingga membatasi sisa memori untuk menjalankan aplikasi lain. Kalau satu dua sih ndak begitu berat. Apalagi kapasitas RAM yang ada di bawah 1GB, tentu bakalan cepat sesak. Perlakuan yang dimaksud adalah menjalankan aplikasi Pengelola Tugas atau task manager yang sudah menjadi bawaan perangkat, atau bisa diperoleh dari pihak ketiga, dari marketnya google: play store.


Jadi, sebelum melakukan aktivitas, buka aplikasi pengelola tugas, pilih manajemen RAM, lalu klik hapus memori (tergantung perangkat dan versi android: close apps, tingkat1 tingkat 2, dsb). Maka akan terlihat jumlah free memory nya bertambah. Beberapa aplikasi antivirus juga menyediakan aplikasi ini, misalnya Netqin. Menariknya adalah, aplikasi task manager yang ditawarkan oleh Netqin bisa ditempelkan di halaman muka menjadi sebuah widget.
Caranya, buka menu untuk menambah widget atau shortcut aplikasi. Pilih widget, lalu arahkan pilihan ke aplikasi Netqin. Maka akan muncul widget Netqin dengan tombol bulat bertuliskan “optimize”. Cara penggunaannya sangat mudah. Begitu layar di unlock, tinggal klik optimize, hingga angka persentase free RAM berubah. Barulah kemudian kita melakukan aktivitas seperti biasa. Searching, Browsing, Chating, e-book reading. Jangan lupa, sekali sekali, kembali lagi ke home, klik optimize. Dijamin, Android Anda gak bakalan hang lagi.

Demikianlah beberapa Tips dari kami semoga dapat membantu dalam memcahkan Masalah Anda. Keep Spirit para sobat pembaca sekalian. Tips Mencegah Android Anda Hang

Sumber: Mypad Indonesia | Rating: 4.5
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Free Bitcoin

Bits2u