Metode Perawatan Notebook/Laptop Agar Tetap Awet

Metode Perawatan Notebook/Laptop Agar Tetap Awet  -  Tips | Seperti biasa saya yakin para sahabat sekalian sudah mengenal apa itu notebook/laptop atau bahkan sudah memilikinya sekarang hhe. Tapi apakah sabahat sudah yakin bahwa sahabat memperhatikan kondisi dan keadaan dari notebook/laptop Anda ? Baiklah disini kami nantinya akan memberikan beberapa tips dan trik ataupun larangan yang dapat menjaga notebook/laptop Anda untuk tetap awet.

Notebook atau istilah umumnya laptop sudah bisa dikatakan barang yang wajib dimiliki oleh pebisnis dan mahasiswa. Bagaimana tidak komputer dengan mobiltas tinggi akan membantu memudahkan pekerjaan atau tugas-tugas di kantor ataupun di kampus. Apalagi sekarang notebook di banderol dengan harga yang semakin terjangkau saja. Dengan uang 5-6 juta-an saja, kita sudah bisa memiliki notebook dengan spesifikasi yang cukup memadai dalam membantu pekerjaan anda. Misalnya aplikasi Microsoft office, photoshop, corel draw dan lain-lain. Apalagi jika nambahin uang dikit lagi, notebook dengan prosesor core2 duo bisa anda miliki. Akan tetapi notebook menginginkan perhatian lebih dalam perawatannya. Jika tidak maka bisa dipastikan notebook anda relatif tidak akan memiliki umur yang panjang. Entah sengaja atau tidak, pada umumnya konsumen tidak di kasih tahu tentang bagaimana tips merawat dan menggunakan notebook secara aman dan lebih awet. Untuk itu saya punya sedikit tips dalam merawat notebook agar lebih awet.

Berikut tips dan triknya  merawat Notebook/Laptop agar tetap awet :

1. Jika menggunakan AC adaptor/charger, pastikan terlebih dahulu tersambung ke listrik PLN sebelum tersambung ke notebook. 

 Memang terlihat spele, namun notebook rentan terhadap tegangan listrik yang mendadak dan tidak stabil. Di salah satu situs blog disebutkan bahwa akibat tegangan listrik yang mendadak bisa menyebabkan kerusakan pada merek tertentu yang mengakibatkan laptop terus me-restart padahal sudah di shutdown (jika baterai terpasang), atau meminta password factory default dll. Untuk itu pasanglah AC charger dengan benar.
Yaitu : PASANG ADAPTOR KE AC PLN=>>BARU MASUKAN KE NOTEBOOK/LAPTOP.

2. Jika anda tidak menggunakan UPS, lebih baik jangan lepaskan baterai.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa notebook rentan terhadap loncatan arus seperti listrik mati mendadak dan konsleting. Jika pada saat kondisi baterai anda tidak terpasang (menggunakan adaptor). Maka ketika listrik PLN mati mendadak, notebook juga akan mati seketika. Ini sangat berbahaya, bahkan pada kondisi tertentu LCD monitornya juga bisa rusak. Misalnya dead piksel dan dll.

 3. Gunakan  baterai dengan aman dan bijak. 

Sekedar info saja, harga baterai notebook original lumayan mahal. Berkisar antara 1 juta sampai 1,5 juta!! Baterai dengan tipe Li-Ion pada notebook tidak boleh dipakai sampai habis sekali (kosong) ataupun tidak boleh over charge. Jika baterai over charge bisa menyebabkan baterai nge-drop dan cepat bocor). Idealnya adalah notebook di charge ada saat indicator baterai menunjukan 10%-20%. Dan bila sudah penuh anda bisa mencabut charger dari notebook. Jika notebook akan digunakan cukup lama dan tidak kemana-mana, anda tidak perlu mencabut charger dari notebooknya. Karena untuk notebook sekarang koneksi charger terhadap baterai akan terputus secara otomatis jika baterai sudah penuh. Jadi jangan kuatir baterai notebook anda over charge. Pada sebagian blog lain menyebutkan bahwa jika akan digunakan pada waktu lama dengan adaptor, baterai harus di lepaskan. Wah.. Justru itu tidak saya rekomendasikan dan lebih beresiko karena baterai memiliki beberapa tegangan cabang yang salah satunya untuk membackup dan memprotect kalau ada tegangan listrik mendadak atau tidak stabil dan menjaga agar notebook tidak mati mendadak. Tetapi jangan biarkan baterai anda penuh secara terus menerus dalam janga waktu yang lama (mentang-mentang pake adaptor) karena cel baterai akan terbebani dan mengakibatkan baterai tidak optimal. Untuk itu gunakanlah baterai (tanpa adaptor) setidaknya 4-5 hari sekali dan isi kembali setelah mencapai 10%-20%. Jika baterai tidak terpakai, jangan biarkan baterai anda kosong sama sekali. Untuk menjaga agar selnya tetap utuh, idealnya baterai di isi seperempat atau setengahnya. Itulah sebabnya ketika anda memasang baterai baru, mempunyai daya sekitar setengah atau seperempatnya. Simpan baterai jika tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama pada lemari es (jangan di masukan ke freezer!) yang di bungkus dengan plastik yang tidak lembap. Ini untuk memastikan bahwa kinerja sel baterai akan tetap terjaga. Jika ingin digunakan kembali, diamkan dulu baterai yang telah disimpan pada lemari es sampai suhunya normal kembali (mencapai suhu ruangan).

4. Kalibrasi baterai 1-2 bulan sekali 

Mungkin anda bertanya, untuk apa baterai notebook di kalibrasi? Ini untuk menjaga agar pembacaan indicator baterai pada notebook tetap akurat. Lalu bagaimana cara mengkalibrasinya?? Mudah saja. Anda tinggal mengisinya sampai penuh, kemudian menggunakannya pada pemakaian normal sampai baterai benar-benar habis. Komputer akan stanby otomatis jika indicator telah menunjukan baterai akan habis. Selain itu tips ini juga bisa anda gunakan untuk mengukur kondisi daya tahan baterai.

5. Hati-hati! Jangan menaruh beban di atas layar notebook anda!

Ini cukup spele tapi resikonya sangat tinggi. Jangan menaruh beban di atas layar notebook meskipu notebook telah tertutup terutama baban yang berat seperti buku, adaptor, tas berisi CD dll. Perlu diketahui bahwa LCD adalah komponen yang memiliki harga yang paling mahal di bandingkan komponen notebook yang lainnya! Harganya bisa mencapai 2 juta sampai 2,5 jutaan! Kerusakan yang umum terjadi pada LCD notebook adalah dead piksel, muncul garis-garis dengan warna tertentu, dan retak jika kondisi parah (terbentur).

6. Jangan menggunakan/menyimpan notebook diatas kasur atau bantal

 Ini juga spele. Pada sebuah notebook terdapat kipas pendingin prosesor yang berputar untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap stabil. Anda bisa lihat kipas ini di bawah notebook anda. Jika kipas ini tertutup. Maka sirkulasi udara tidak akan normal. Akibatnya notebook akan cepat sangat panas dan sangat berbahaya! Dalam kondisi parah bisa menyebabkan motherboard atau prosesor anda rusak karena terbakar akibat overheat.

 7. Gunakan Screen protector dan keyboard notebook jika perlu.

Jika anda adalah orang jang kurang hati-hati dalam pemakaian notebook. Saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan screen protector dan keyboard protector. Ini akan melindungi LCD monitor anda dari goresan yang tidak di sengaja. Karena jika LCD sudah tergores tidak akan bisa dikembalikan seperti semula. Selain itu dengan pemakaian screen protector akan mamudahkan anda dalam pembersihannya. Jika dengan tidak sengaja keyboard anda terkena tumpahan cairan, segera balikan notebook anda dan lap dengan kain yang lembut, setelah itu keringkan sampai benar-benar kering. Jika perlu gunakan hair dryer secukupnya. Jika anda ragu-ragu bisa minta bantuan service centernya saja.

8. Hati-hati menggunakan plug-plug pada notebook Slot USB, LAN dan slot audio perlu diperhatikan juga.

Ketika salah satu atau semua plug pada notebook anda terpasang, jaga jangan sampai notebook bergeser arah secara tidak aman yang dapat menyebabkan slot terhimpit, tertarik dll yang berakibat plug pada notebook tersebut cepat longgar. Ingat! Plug-plug tersebut sudah menyatu dengan motherboard. Jika salah satu ada yang rusak, berarti anda harus megganti motherboard dengan yang baru! Kecuali anda bawa ke service yang professional dan bisa mengganti salah satu plug yang rusak tersebut. Sekedar informasi, harga motherboard notebook berkisar 1 juta sampai 1,5 juta rupiah.

Sekian dari kami semoga dapat membantu Anda dalam menjaga dan merawat Notebook/Laptop Anda. Metode Perawatan Notebook/Laptop Agar Tetap Awet
Rating: 4.5
Share this article :

12 komentar:

  1. sip gan, nice info bro :D salam kenal

    BalasHapus
  2. Sepakat....dan mungkin tambahan Bang...jangan sering2 melepas batrae ketika dipakai dan di charge...
    hadir bersilaturohim disini....hehehe..lama ndak kesini..semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  3. Tipsnya menarik sobat...mudah-mudahan bermanfaat dan laptop saya awet muda...supaya bisa bersilaturohim disini lagi....

    BalasHapus
  4. notebook saya sudah rusak batrainya.. hehhe

    BalasHapus
  5. nice post friend.. :)

    http://unlimitedinformation4u.blogspot.com

    BalasHapus
  6. tambahan gan, ketika laptop hidup.. lepaskan pelindung keyboard, agar panas bisa keluar dari berbagai celah... hehe..

    BalasHapus
  7. nice info gan, makasih dah sharing..

    BalasHapus
  8. terutama baterai gan jangan dilepas
    hehe :)

    BalasHapus
  9. wah thx gan infonya jadi ga berani saya buat maen laptop di bantal :)) salam kenal gan sukses selalu :)

    BalasHapus
  10. makjleb juga ya-__- saya sering pake notebook sampe mati/hibernate. main di kasur. dan sepertinya baterainya sudah bocor (lebih cepat habis). tp makasih infonya :D

    BalasHapus
  11. dari pada cepat rusak dan membuang banyak uang untuk biaya memperbaikinya lebih baik mengupayakan penggunaan laptop dan notebook kita agar tetap awet ya..
    terima kasih atas penjelasannya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  12. nice tips, saya jarang memperhatikan yang kaya ginian

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain