Cara Membuat Powerbank Sendiri

Cara Membuat Powerbank Sendiri - Technology | Tak terelakkan lagi kebutuhan hampir semua orang akan butuhnya charger portable atau Powerbank untuk menyertai kegiatan di luar rumah mereka. Gadget seolah kebutuhan pokok yang tidak akan ada habisnya untuk dikonsumsi, atas dasar inilah saya mencari ide untuk mencoba ide sederhana yang bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.


Harga sebuah charger portable atau umum disebut dengan Powerbank sangatlah mahal untuk sebagian orang, tidak semua bisa merogoh koceknya, dengan artikel ini saya harap Anda tidak perlu khawatir lagi ya bepergian jauh keluar rumah. Anda bisa setiap saat menggunakan Powerbank untuk iPhone, Android, atau smartphone Anda sampai puas. Kalo begitu langsung saja kita lihat proses pembuatannya yah

A. Persiapkan Alat dan Bahannya seperti berikut :
Type A Female USB port ( Harga Rp. 33.000 )
Lembaran Papan PCB  ( PCB Matrix harga Rp. 3000-5000/lbr ukuran 20cmx10cm )
IC LM7805 ( Harga Rp. 2500 )
Resistor 160 ohm ( Harga Rp. 500 ) *Optional
C1 100uF/ 50v ( Harga Rp. 1000 )
C2 0.1 ( Harga Rp. 500 )
LED 2,2v 240mA Hijau ( Harga Rp. 500 )
9v battery clip ( Harga Rp. 5000-10.000)
Switch ON/OFF (Harga Rp. 1000)


B. Perhatikan gambar rangkaian dibawah ini, gambar rangkaian menggunakan saklar (sw) dan menggunakan LED indikator berwarna hijau.


C. Atau Anda bisa tentukan pilihan tanpa menggunakan keduannya, sehingga gambar rangkaian tampak terlihat simple sekali. Menurut gambar pasang komponen dari sisi balik PCB maka pemasangan port USB yang keliatan (+) terlihat di gambar atas maka saat dipasang dari baliknya Pasti bener jadi (-)



D. Tempatkan komponen seperti terlihat pada rangkaian di atas ya. Ingat! gambar tersebut terlihat dari bawah, jadi Anda harus pasang dari sisi sebaliknya




E. Setelah pemasangan komplit hasil bentuknya terlihat kecil. Akhirnya Powerbank atau Charger Portable telah jadi dan bisa dibawa kemana saja tanpa banyak makan tempat hehe.

Demikianlah Artikel Cara Membuat Powerbank Sendiri



Referensi : http://www.kaskus.co.id/thread/51b7e1ab631243917c000004/beli-powerbank-mahal-yuk-bikin-sendiri-charger-portable/
Share this article :

24 komentar:

  1. wah perlu di coba tu... tapi papan pcb yang di beli apakah uda ada skema rangkaiannya???

    BalasHapus
  2. Boleh kok gan, kalo di pcb nya belum ada skema rangkaiannya gan jadinya mesti liat gambarnya dlu hhe

    BalasHapus
  3. saya hitung2 cuman 54.000 kalau buat sendiri, cuman beli bahan2 nya saja, wah cukup irit dibanding beli harganya selangit. makasi sobat infonya

    BalasHapus
  4. Wah lumayan nih cukup sederhana dan lumayan bisa ngirit hehe, makasih gan sangat bermanfaat nanti saya coba ah....

    BalasHapus
  5. makasih sOb atas ilmunya,,,,
    kapan" bisa di coba nieh

    BalasHapus
  6. Lihat bagan rasanya saya masih bingung nih, maklum sudah lama tidak belajar elektro... tak belajari dulu siapa tahu masih ingat. Hehehe.

    BalasHapus
  7. Iya bro emang ini irit dan bisa dikreatifkan gan hhe . Cuman sekadar berbagi kok gan hhe. Selamat mencoba bagi agan-agan sekalian , kalau ada yang masih mengganjal silakan bertanya dimari yah

    BalasHapus
  8. Ikut nyimak penjelasan sobat dulu. Terima kasih sharenya sob.

    BalasHapus
  9. emang output 5 volt mas..? Setahu saya konsumsi semua perangkat mobile cuman membutuhkan tegangan sebesar 3 volt.

    BalasHapus
  10. Mumet sekali soB saya, tidak paham rangkaian elektro seperti di atas. hehe

    BalasHapus
  11. ini lho sebenernya yg bisa bikin orang tambah duit. BIkin powerbank sendiri :D

    BalasHapus
  12. Uda Awak & Hendrik : Silakan broo, sekalian belajar bareng.

    Babol : Memang iya sih bro cuman 3 volt, tetapi ada pengaruh dari perangkatnya yg dirakit jadinya ntar 5 volt

    BalasHapus
  13. keren gan infonya, terimakasih banyak sudah berbagi

    BalasHapus
  14. salam kenal bang teguh,mohon bimbingannya saya mau ikut belajar,trimaksi

    BalasHapus
  15. salam kenal bang teguh,mohon bimbingannya saya mau ikut belajar,trimaksi

    BalasHapus
  16. salam kenal bang teguh,mohon bimbingannya saya mau ikut belajar,trimaksi

    BalasHapus
  17. salam kenal bang teguh,mohon bimbingannya saya mau ikut belajar,trimaksi

    BalasHapus
  18. Selamat pagi semangat pagi, teknologi itu mengasikkan , selamat berkarya dan berkreativitas

    BalasHapus
  19. gan itu barang" semuanyanya beli dimana?

    BalasHapus
  20. gan itu barang" semuanyanya beli dimana?

    BalasHapus
  21. cara buat ngecas kalau batre power bank habis gimana bang??

    BalasHapus

Copyright © 2012 Designed by : BTDesigner · Edited By : Dunia IT dalam Blog · Powered by Blogger

Partner Kami


Review blogpanik.blogspot.com on alexa.com

Followers

Beli Domain